√ Dukungan IIB Darmajaya untuk Generasi Cakap Literasi Digital dalam Semarak Milad Tapis Blogger ke-8 - It's Me Desi Murniati
Copyright © oleh Desi Murniati - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Sunday, September 8, 2024

Dukungan IIB Darmajaya untuk Generasi Cakap Literasi Digital dalam Semarak Milad Tapis Blogger ke-8

milad ke 8 tapis blogger
sumber: editing dari dokumentasi panitia dan google


Apakah kamu masih mengingat lima tahun yang lalu kamu ingin menjadi apa? Kira-kira saat itu apa pekerjaan impianmu? Lalu jika melihat hari ini, apakah kamu berhasil mewujudkan impianmu saat itu?
Lima tahun yang lalu aku ingin menjadi penulis, cita-cita yang sama sejak sepuluh tahun sebelumnya. Namun saat itu aku tidak tahu mau jadi penulis yang seperti apa, karena kenyataannya setelah sepuluh tahun lebih menulis saat itu belum ada novelku yang diterbitkan.

Lalu sampailah pada hari ini, dimana aku bisa menjadi penulis (konten) dan juga blogger. Pekerjaan yang menurutku nggak kalah menyenangkan dari pekerjaan impianku belasan tahun yang lalu, yakni penulis novel. Salah satu bagian yang mendukungku menjadi blogger selama hampir 4 (empat) tahun ini adalah Tapis Blogger.

Aku mengenal Tapis Blogger pertama kali di tahun 2018 dan melalui Tapis Blogger aku memiliki banyak insight untuk mengenal lebih dalam tentang literasi digital, khususnya dalam hal blogging dan pembuatan konten. Di tahun 2018 aku pernah mengikuti pelatihan foto produk yang akhirnya bisa membuat meningkatkan skill fotografiku yang awalnya masih sangat pemula.

Karena pelatihan itu akhirnya aku bisa melakukan foto produk rajutan yang kujual dengan lebih baik dan menarik.

Makanya ketika Tapis Blogger mengumumkan akan ada acara Milad ke-8, aku nggak mau menyia-nyiakan kesempatan ini dan langsung mendaftar. Sama seperti acara Tapis Blogger sebelumnya, acara Milad ke-8 Tapis Blogger kali ini juga bertabur hadiah dan didukung penuh oleh Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya.

Dengan mengusung tema Cakap Literasi Digital: Kiat Bikin Konten Foto, Video, dan Artikel untuk UMKM hingga Peluang Monetisasi, acara Milad ke-8 Tapis Blogger diselenggarakan pada hari Minggu, 01 September 2024 dari pukul 08.00 hingga pukul 12.000.

Seperti apa kemeriahan dan keseruan acara Milad ke-8 Tapis Blogger ini? Langsung aja simak di bawah ini:

Sekilas Tentang Tapis Blogger


dokumentasi pribadi

“Awalnya untuk hobi menulis aja, tetapi semakin lama, Tapis Blogger ini semakin bertambah banyak anggotanya dan banyak juga aktivitasnya, seperti pelatihan pembuatan blog, tips menulis di blog, fotografi, videografi, dan lainnya,” ucap Naqiyyah Syam, ketua Tapis Blogger sekaligus salah satu pendiri Tapis Blogger.

Pernah kamu membayangkan apa yang bisa dilakukan perempuan (ibu-ibu tepatnya) dengan anak yang masih balita? Mungkin banyak yang berpikir kehidupan ibu-ibu ini nggak jauh-jauh dari dapur (memasak), sumur (cuci-cuci), dan kasur (ngurus anak). Jika kamu berpikir demikian, mungkin ini saatnya kamu berkenalan dengan 4 srikandi Tapis Blogger yakni Naqiyyah Syam sebagai founder, Izzah Annisa, Fitri Restiana, dan Heni Puspita, sebagai co-founder. 


milad tapis
Sumber: dokumentasi panitia



Mereka adalah perempuan-perempuan yang ada di balik berdirinya Tapis Blogger, komunitas blogger di Lampung. Tapis Blogger berdiri pada tanggal 31 Agustus 2016 dan saat ini memiliki 200 anggota dengan 90 anggota yang masih aktif.

Di pembukaan acara Milad ke-8 Tapis Blogger, diperkenalkan 4 srikandi Tapis Blogger ini dan temanku yang aku ajak menghadiri acara ini bilang, "dari acara ini aku bisa belajar kalau perempuan tetap bisa berkarya dan berdaya meski udah nikah."

Menurut keterangan dari Naqiyyah Syam, awalnya Tapis Blogger ini untuk hobi menulis saja, tapi makin lama makin berkembang baik anggota ataupun kegiatannya. Bahkan, pada awalnya komunitas ini hanya diperuntukan bagi perempuan namun karena saat lauching ada masukan untuk semua kalangan, Tapis Blogger akhirnya dibuka untuk umum.

Sejak launching hingga saat ini, Tapis Blogger selalu menyelenggarakan acara Milad untuk memperingati hari berdirinya komunitas blogger ini dan tahun ini menjadi Milad Tapis Blogge ke-8 dimana artinya Tapis Blogger sudah berdiri selama 8 (delapan) tahun.

Rahasia Cakap Literasi Digital di Era Serba Digital


Pada awalnya Tapis Blogger memang diperuntukan bagi mereka yang hobi menulis, namun semakin hari kesempatan untuk mengembangkan kegiatan semakin terbuka. Ini terjadi beriringan dengan semakin banyaknya anggota Tapis Blogger.

Dari yang awalnya hanya untuk hobi nulis, Tapis Blogger membuka kesempatan untuk kegiatan belajar literasi digital lainnya, seperti dalam hal foto grafi, konten video, hingga jurnalistik. Tentunya kegiatan ini sangat mendukung dengan perkembangan dunia literasi yang makin ke sini makin berkembang secara digital.

Pada kesempatan Milad ke-8 Tapis Blogger kali ini, Tapis Blogger mengusung tema Cakap Literasi Digital: Kiat Bikin Konten Foto, Video, dan Artikel untuk UMKM hingga Peluang Monetisasi dan menghadirkan pemateri yang sudah ahli di bidang literasi digital ini. Di acara ini, pembicara-pembicara ini akan membagikan rahasia untuk menjadi cakap literasi digital, khususnya di bidang fotografi, konten video, hingga artikel.

Nah, siapa saja pemateri pada acara Milad ke-8 Tapis Blogger ini? Yuk kita langsung kenalan saja dengan pematerinya, yakni:

  1. Rinda Mulyani, Pimred Portalnews.id
  2. Bella Ibnaty Sardio, Redaktur Lampung Geh
  3. Lynah Yeanna, F&B Photographer
  4. Nanda Fillah, Content Creator

1. Teknik Menulis Featured oleh Rinda Mulyani


milad ke 8 tapis blogger
sumber: wartalampung.id

Pada sesi pertama, Rinda Mulyani membagikan pengalaman beliau sebagai Pimred Portalnews.id menjelaskan teknik menulis featured. Buat orang yang nggak kerja di bidang jurnalistik, teknik menulis featured ini merupakan pengetahuan baru buatku.

"Jadi kalau dalam penulisan berita itu tidak boleh berdasarkan opini dari si penulis, tetapi menulis sesuatu di blog berdasarkan opini itu boleh karena alasan blog itu subjektif," kata Rinda saat menjelaskan perbedaan penulisan berita dan blog pribadi.

Di sesi materi ini juga Rinda menjelaskan tentang penulisan berita 5W+1H. Termasuk juga tentang struktur featured atau artikel featured.

"Jadi struktur featured memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan berita langsung (hard news)," jelas Rinda Mulyani. Ini adalah pengetahuan baru buatku dimana aku jadi bisa membedakan penulisan berita (featured) dan penulisan artikel blog yakni terkait subjektivita opini.


2. Elemen So What dalam Penulisan Berita oleh Bella Ibnaty Sardio


milad ke 8 tapis blogger
Sumber: dokumentasi panitia

Selain Mbak Rinda Mulyani yang mengisi materi tentang penulisan berita, ada juga Bella Ibnaty Sardio, yang juga membagikan pengalamannya sebagai redaktur Lampung Geh di acara Milad ke-8 Tapis Blogger.

Jika Rinda banyak menjelaskan tentang teknik menulis berita (featured), Bella menceritakan tentang perjalanannya di dunia jurnalistik dan 4 Pilar Jurnalistik. Bella Ibnaty Sardio bergabung dengan Lampung Geh pada tahun 2021 sebagai jurnalis dan saat ini telah dipromosikan sebagai redaktur. 

Di sini Bella menjelaskan tentang 4 Pilar Jurnalistik yang terdiri dari:

  1. Etika Jurnalistik (Code of Conduct): mengatur prinsip-prinsip etis yang harus diikuti oleh jurnalis.
  2. Manajemen Ruang Redaksi: mengenai pengelolaan ruang redaksi, termasuk pengaturan dan pengelolaan sumber daya.
  3. Teknik Liputan (Reportase): cara melakukan liputan berita yang efektif
  4. Teknik Menulis: berbagai jenis tulisan yang harus dimiliki oleh jurnalis.

Selain menjelaskan 4 pilar tersebut, Bella juga menjelaskan rumus 5W+1H dan menambahkan elemen 'so what' menjadi komponen penting dalam penulisan berita. Elemen so what ini digunakan untuk menunjukan relevansi dan dampak informasi yang diberikan, sehingga bisa membuat berita menjadi lebih bermakna dan penting bagi para pembaca.

"Kita harus menyertakan unsur 5W+1H, kemudian ada tambahan satu lagi yaitu So What. So What membantu kita untuk merangkum keseluruhan penulisan dan memberikan tujuan yang jelas," jelas Bella Ibnaty Sardio.

3. Foto Makanan Makin Kece oleh Lynah Yeanna


milad ke 8 tapis blogger
Sumber: dokumentasi panitia

Bagi yang tertarik untuk belajar fotografi makanan, di acara Milad ke-8 Tapis Blogger ini juga hadir pemateri seorang fotografer F&B yakni Lynah Yeanna. Lynah ini telah terjun di bidang fotografi F&B sejak tahun 2017 dan telah memiliki sertifikasi, lho.

Di acara ini Lynah menjelaskan pentingnya penguasaan teknik dasar fotografi, khususnya terkait penggunaan cahaya.

"Cahaya adalah kunci dalam menghasilkan foto yang menarik. Dengan memahami karakteristik cahaya alami dan buatan, kita bisa menciptakan suasana yang berbeda-beda pada setiap foto," ujar Lynah.

Selain melayani jasa foto, saat ini Lynah Yeanna juga aktif sebagai instruktur dan narasumber, memberikan pelatihan di berbagai instansi, dan berkontribusi sebagai narasumber di acara Lampung Craft 2022 dan 2024.

4. Dari @hobbyjajanid_ menjadi Food Flogger oleh Nanda Fillah


milad ke 8 tapis blogger
Sumber: dokumentasi panitia

Siapa di sini yang punya cita-cita menjadi food vlogger atau konten kreator video? Di sesi terakhir Milad ke-8 Tapis Blogger hadir pemateri seorang food vlogger dengan 15 ribu pengikut di Instagram dan 25 ribu pengikut di Tiktok yakni Nanda Fillah dengan akun @hobbyjajanid_.

"Awalnya saya hanya ingin berbagi pengalaman kuliner saya dengan teman-teman ke dunia content creator atau food vlogger dimulai dari tahun 2019 sempat vakum karena keterbatasan biaya. Lalu kembali lagi di tahin 2023. Namun seiring berjalannya waktu akun @hobbyjajanid_ semakin berkemvbang dan banyak yang meminta rekomendasi tempat makan. Dari situlah saya menyadari bahwa konten makanan memiliki potensi yang cukup besar," kata Nanda.

Di acara ini, Nanda menjelaskan bahwa konten yang menarik dan berkualitas dapat menjadi sarana yang efektif untuk promosi bisnis, khususnya untuk UMKM.

"Untuk membuat konten yang menarik, kita harus bisa menyampaikan pesan dengan jelas dan visual yang menarik. Selain itu, konsistensi juga sangat penting. Jangan pernah menyerah untuk terus berkarya dan berinovasi," tambah Nanda.

Dukungan IIB Darmajaya untuk Generasi Cakap Digital


Iib darmajaya
Sumber: dokumentasi panitia

Kabar baiknya dari acara Milad ke-8 Tapis Blogger ini adalah adanya dukungan dari kampus IIB Darmajaya. Saat pertama kali mendengar acara akan diselenggarakan di lingkungan kampus IIB Darmajaya aku langsung bersemangat. Selain karena lokasinya yang strategis, dengan dukungan dari IIB Darmajaya menjadi bukti bahwa dunia kampus sudah terbuka dengan kecakapan digital.

Sebagai mantan mahasiswa, aku menyadari bahwa untuk menjadi generasi yang cakap digital dan siap bertempur di dunia kerja, bekal di kampus itu sangat penting. Kampus perlu memberikan sarana pendukung yang akan membuat mahasiswa memiliki bekal setelah lulus.

Sebagai perguruan tinggi yang terbuka dengan dunia bisnis digital, IIB Darmajaya saat ini telah memilki sarana dan prasarana untuk mendukung terciptanya generasi cakap digital.

Buat kamu yang belum mengenai IIB Darmajaya, berikut beberapa informasi mengenai IIB Darmajaya untuk kamu:

Sejarah IIB Darmajaya


milad tapis blogger
Sumber: Lenews

Buat masyarakat yang tinggal di Lampung, khususnya Bandar Lampung pasti sudah tidak asing dengan nama IIB Darmajaya. IIB Darmajaya atau Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya  merupakan perguruan tinggi swasta yang ada di Kota Bandar Lampung.

Nama "DARMAJAYA" ini merupakan akronim dari "Dharma Bhakti dan Jasa Yoenidar Alfian". Kampus IIB Darmajaya dibangun di atas tanah seluas 2,5 hektar dan berdiri pada 05 Juni 1997. Sebelum dikenal dengan nama IIB Darmajaya, kampus ini memiliki nama STMIK-STIE Darmajaya dan dikelola oleh Yayasan Alfian Husin.

IIB Darmajaya lahir dari niat dan ketulusan hati Alfian Husin, S.H, seorang putra Lampung. Alfian Husin, SH memiliki keinginan untuk mengabdi di daerah asalnya dalam hal meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya generasi muda agar dapat berkiprah dan berkompetisi dengan SDM-SDM dari daerah ataupun bangsa lain.

Keinginan ini kemudian diwujudkan dengan pendirian Yayasan Pendidikan Alfian Husin melalui Notaris Cahaya Hairani Djausal Zubaidi, S.H akta Nomor 4 (empat) tanggal 23 Januari 1995 berkedudukan di Kota Bandar Lampung dengan Badan Pendiri Hi. Alfian Husin, S.H, dr. Hj. Yoenidar Karim Alfian, Dr. Andi Desfiandi, S.E, MA dan Ary Meizary Alfian, S.E, MBA.

Untuk badan pengurusnya terdiri dari Ary Meizary Alfian, S.E. MBA (ketua), Firmansyah Yunialfi Alfian (wakil ketua), dr. Lyza Marfianita Rozalinda (Sekretaris I), Dian Septarina, BA (Sekretaris II) dan dr. Hj. Yoenidar Karim Alfian (Bendahara) dan Bidang Pengawas terdiri dari Hi. Alfian Husin, SH dan Andi Desfiandi, S.E, MA.

Pada 5 Juni 1997 untuk pertama kalinya, didirikanlah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer DARMAJAYA yang lebih dikenal dengan STMIK DARMAJAYA. Pendirian ini dikukuhkan oleh Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah II berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 29/D/O/1997 dengan menetapkan sebagai status terdaftar untuk program studi: Teknik Informatika (S1), Teknik Komputer (D3) dan Manajemen Informatika (D3), kemudian sesuai dengan perkembangan lampung dan tuntutan masyarakat, STMIK Darmajaya membuka kembali dua program studi yaitu: Sistem Informasi (S1) dan Sistem Komputer (S1).

Seiring dengan berjalannya waktu, IIB Darmajaya semakin berkembang. Pada tanggal 6 Juli 2000 berdiri lagi Sekolah Tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Darmajaya (STIE Darmajaya) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 101/D/0/2000 dengan menetapkan status terdaftar untuk program studi:Manajemen (S1), Akuntansi (S1) dan Akuntansi (D3).

STMIK-STIE Darmajaya saat itu juga telah mendapat pengakuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan dengan peningkatan status STMIK-STIE Darmajaya menjadi I(IBI) DARMAJAYA melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan No.167/D/O/2008 Tanggal 20 Agustus 2008. Dengan adanya perubahan status ini membuktikan bahwa STMIK-STIE Darmajaya telah diakui keunggulanya di bidang informatika dan bisnis, dan merupakan wujud kepercayaan pemerintah pusat kepada STMIK-STIE Darmajaya Lampung.

Fakultas dan Jurusan IIB Darmajaya


milad tapis blogger
Sumber: Pikiran Lampung

Berikut fakultas dan jurusan yang ada di kampus IIB Darmajaya:

DESAIN, HUKUM, DAN PARIWISATA


  1. S1 Hukum Bisnis
  2. S1 Desain Interior
  3. S1 Desain Komunikasi Visual
  4. S1 Pariwisata

EKONOMI DAN BISNIS


  1. S2 Magister Manajemen Teknologi
  2. S2 Magister Manajeman
  3. S1 Manajemen
  4. S1 Bisnis Digital
  5. S1 Akuntansi

ILMU KOMPUTER


  1. S1 Sains Data
  2. S2 Magister Teknik Informatika
  3. S1 Teknik Informatika
  4. S1 Sistem Komputer
  5. S1 Sistem Informasi
  6. S1 Pendidikan Teknologi Informasi

Prestasi IIB Darmajaya


iib darmajaya
Sumber: nenemonews

Dari segi prestasi, IIB Darmajaya juga tidak diragukan lagi.  Tahun lalu, IIB Darmajaya meraih prestasi yakni tujuh penghargaan dalam Rapat Kerja (Raker) Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II Sumatra Bagian Selatan. Ini merupakan prestasi terbaik untuk wilayah Sumbagsel.

Adapun tujuh penghargaan tersebut yakni Peringkat 1 Prestasi Mahasiswa Tingkat Institut, Peringkat 1 Kegiatan MBKM Mahasiswa Tingkat Institut, Peringkat 1 Kategori Kualifikasi Dosen Tingkat Institut, Peringkat 1 Kategori Kemitraan Tingkat Institut, Peringkat 1 Pelaporan PDDikti Tingkat Institut, dan Peringkat 2 Karya Ilmiah, Seni, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat Tingkat Institut serta penghargaan IIB Darmajaya sebagai Tim Pengembangan IT LLDikti Wilayah II.

Tahun ini, IIB Darmajaya menjadi satu-satunya PTS di Lampung yang mengirimkan mahasiswi terbaik ke Entrepreneur Award 2024. Baru-baru ini juga, IIB Darmajaya siap menggebrak Java Business Competition 2024 dengan mengirimkan dua mahasiswinya.

Tidak hanya itu, IIB Darmajaya juga berhasil raih penghargaan bergengsi yakni menjadi satu-satunya kampus di Lampung yang peduli jaminan sosial. Dari semua prestasi di atas dapat diketahui bahwa IIB Darmajaya memang sangat mendukung kemajuan generasi Indonesia khususnya dalam hal bisnis dan kecakapan digital. Tidak heran jika IIB Darmajaya menjadi kampus yang mendukung penuh kegiatan Milad ke-8 Tapis Blogger.

IIB Darmajaya: Kampus Terbaik untuk Bisnis Digital


Iib darmajaya
Sumber: dokumentasi panitia

Dalam acara Milad ke-8 Tapis Blogger 01 September 2024 lalu, Ibu Dian Eka Darma Wahyuni, S.E., selaku Direktur Humas Kerjasama dan Pemasaran IIB Darmajaya memberikan sambutan mewakili Yayasan Alfian Husin. Dalam sambutannya, Ibu Dian Eka Darma Wahyuni, S.E., menjelaskan prestasi-prestasi yang telah diraih oleh IIB Darmajaya yakni Peringkat 1 Prestasi Mahasiswa Tingkat Institut, Peringkat 1 Kegiatan MBKM Mahasiswa Tingkat Institut, Peringkat 1 Kategori Kualifikasi Dosen Tingkat Institut, Peringkat 1 Kategori Kemitraan Tingkat Institut, Peringkat 1 Pelaporan PDDikti Tingkat Institut, dan Peringkat 2 Karya Ilmiah, Seni, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat Tingkat Institut serta penghargaan IIB Darmajaya sebagai Tim Pengembangan IT LLDikti Wilayah II.

Prestasi ini membuktikan bahwa IIB Darmajaya di bawah naungan Yayasan Alfian Husin telah menjalankan tata kelola dengan baik. Ibu Dian Eka Darma Wahyuni, S.E., juga menjelaskan bahwa prestasi yang dimiliki oleh IIB Darmajaya bisa menjadi bahan bagi teman-teman Tapis Blogger Lampung untuk membuat konten yang mengedukasi masyarakat melalui digital. Apalagi, saat ini IIB Darmajaya juga memiliki program studi kekinian yang diminati oleh kaum milenial dan Generasi Z. Termasuk kurikulumnya yang menggunakan dan mempelajari digital.

Beberapa program studi tersebut adalah Prodi Bisnis Digital, Prodi Desain Komunikasi Visual, dan Prodi terbaru dari IIB Darmajaya yakni Pariwisata. Dengan program studi kekinian dan mengedepankan digitalisasi ini, IIB Darmajaya sangat terbuka untuk Tapis Blogger Lampung dapat berkolaborasi dengan kampus IIB Darmajaya atau disebut juga dengan Kampus Biru.

"Era digital telah memunculkan adanya ekosistem global dimana tidak ada batasan antarnegara sehingga peluang untuk berkolaborasi dan berkompetisi semakin terbuka luas, khususnya perguruan tinggi. Adanya kolaborasi akan menciptakan sebuah knowledge society melalui knowledge sharing. Selain itu dengan kompetisi maka menjadi faktor pendukung munculnya inovasi, Tidak heran jika kami pun menyambut baik Pengurus Tapis Blogger Lampung untuk berkolaborasi dalam kegiatan seperti ini," ungkap Ibu Dian Eka Darma Wahyuni, S.E.

Kolaborasi ini juga didukung dengan fasilitas yang dimiliki oleh IIB Darmajaya, mulai dari fasilitas belajar-mengajar, penunjang lengkap dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi yang canggih, memiliki standarisasi penyelengaraan pembelajaran yang unggul, serta memiliki dosen tersertifikasi pendidik profesional tinggi dan reputasi lulusan IIB Darmajaya diterima dengan baik di dunia usaha dan di dunia industri.

Dalam penutupan sambutan untuk Milad ke-8 Tapis Blogger, Ibu Dian Eka Darma Wahyuni, S.E., mengucapkan selamat Milad ke-8 untuk Tapis Blogger dan mendukung Tapis Blogger untuk terus berkarya dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang Lampung, baik dalam bidang sosial, budaya, wisata, pendidikan tingg, serta bidang-bidang lainnya.


Selamat Milad ke-8 Tapis Blogger Lampung


milad tapis blogger
Sumber: dokumentasi pribadi

Makan opor enaknya sama ketupat
Lebih mantap ditambah ikan kembung
Delapan tahun bukan waktu yang singkat
Semoga terus jaya Tapis Blogger Lampung


Sebagai penutup, aku juga mau mengucapkan selamat Milad ke-8 Tapis Blogger Lampung. Meski sebenarnya aku nggak aktif-aktif banget di komunitas ini karena aku tinggal di Kabupaten Pringsewu dan setiap hari sok sibuk bekerja, namun suatu kebanggaan bisa menjadi bagian dari Tapis Blogger Lampung.

Lima tahun yang lalu, aku nggak pernah membayangkan bisa mendapatkan uang dari dunia digital baik itu konten blog atau konten di media sosial. Tapi ternyata jika kita usaha, semuanya akan menemukan jalan. Selamat Milad ke-8 Tapis Blogger, semoga makin jaya dan makin lancar yang ajak kerjasama, aamiin.

Sumber:

  1.  Milad Ke-8 Tapis Blogger Meriah: Banjir Ilmu Bejibun Hadiah | WartaLampung.id
  2. Milad ke-8 Tapis Blogger : Cakap Literasi Digital Dukung UMKM Lampung - Portallnews.id
  3. Milad Ke-8 Tapis Blogger, Rinda Mulyani Jelaskan Teknik Menulis Feature | WartaLampung.id
  4. Milad Ke-8 Tapis Blogger, Redaktur Lampung Geh Bella Ibnaty Sardio: So What! | WartaLampung.id
  5. Milad Ke-8 Tapis Blogger, @@hobbyjajanid_ Bagikan Pengalaman Jadi Food Vlogger | WartaLampung.id
  6. Milad Ke-8 Tapis Blogger, Fotografer F&B Lynah Yeanna Paparkan Tips Bikin Foto Kece | WartaLampung.id
  7. Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
  8. Tapis Blogger | :: Sejarah Tapis Blogger :: __//__ Berawal dari emak-emak Blogger Lampung, kemudian dibuka untuk umum. Kini, Tapis Blogger berkembang... | Instagram
  9. Program Studi - Apa saja pilihan Program Studi di Institut informatika dan Bisnis Darmajaya
  10. Institut Terbaik di Sumbagsel, IIB Darmajaya Raih Tujuh Penghargaan Terbaik dari LLDIKTI Wilayah 2 - Mata Lampung
  11. Satu-satunya PTS di Lampung, IIB Darmajaya Kirim Mahasiswi Terbaik ke Entrepreneur Award 2024 - SMARTNEWS.ID
  12. Lampungpro.co | Berita Inspirasi Dari Lampung
  13. IIB Darmajaya Raih Penghargaan Bergengsi: Satu-Satunya Kampus di Lampung Peduli Jaminan Sosial! — pelitaekspres.com
Sumber foto:




Get notifications from this blog