√ Kampas Rem Terbaik untuk Keamanan Berkendara, Berapa Harganya? - It's Me Desi Murniati
Copyright © oleh Desi Murniati - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Wednesday, June 26, 2024

Kampas Rem Terbaik untuk Keamanan Berkendara, Berapa Harganya?

harga kampas rem


Sebagai perempuan, aku sebetulnya tidak terlalu mengerti perihal otomotif. Di rumah memang ada motor tapi jarang banget aku rawat. Paling cuma cuci motor sama isi bensin, itu pun cuci motornya pakai jasa cuci motor. Padahal perawatan kendaraan itu penting banget apalagi bagian kampas rem.


Perawatan kendaraan ini akan menentukan keamanan kita saat berkendara. Sebetulnya aku nggak sebuta itu tentang otomotif. Saat SMA aku pernah punya motor yang sering mogok, sampai aku bisa ganti busi motor sendiri saking sering bermasalahnya busi motorku saat itu.


Tentu saja ini membuat teman-teman dan guru-guru heran. Cewek kok bisa ganti busi, kata mereka. Padahal ya ini karena keadaan yang memaksaku mau nggak mau kudu bisa mengatasi permasalahan motorku sendiri.


Keadaanku saat itu menunjukan kalau sejatinya perempuan nggak sebuta itu tentang dunia otomotif. Kalau memang mau belajar dan lebih mengenal, pasti perempuan juga akan paham. Salah satu bagian yang saat ini menarik perhatianku adalah tentang kampas rem.


Kampas rem? Apaan itu? Oke, sebagai perempuan memang wajar kalau kamu nggak tahu apa itu kampas rem. Biar nggak bingung, aku akan bantu jelaskan di bawah ini:


Apa Itu Kampas Rem?


Kampas rem merupakan komponen yang terdapat dalam sistem pengereman dengan fungsi membantu menekan piringan cakram agar ban kendaraan dapat berhenti berputar. Kampas rem ini menjadi komponen yang sangat penting untuk keamanan dan kenyamanan berkendara.


Jika kampas rem ini bermasalah, bisa berakibat fatal. Bayangkan saat kamu sedang berkendara lalu tiba-tiba saat kamu mau ngerem tapi nggak bisa? Ada berbagai kemungkinan yang bisa terjadi, mulai dari kamu nabrak pohon, terjatuh di jalan, hingga paling fatal kecelakaan dengan kendaraan lain.


Kampas rem ini berhubungan dengan keselamatan kamu saat berkendara, jadi penting bagi kamu untuk merawat kampas rem ini dengan baik.


Baca Juga: Inilah 7 Teh Terbaik di Dunia, Wajib Cobain!


Apa Saja Tanda Kampas Rem Harus Diganti?


Sebagai orang yang sering menggunakan kendaraan bermotor, kamu harus mengetahui apa saja tanda kampas rem harus diganti. Terlebih kampas rem ini memiliki masa hidup yang terbilang lama, sehingga banyak pemilik kendaraan yang lupa untuk menggantinya.


Meski dari segi harga kampas rem ini lumayan terjangkau, namun pentingnya penggantian kampas rem ini berhubungan dengan keselamatan saat kamu berkendara. Saat kampas rem ini terus digunakan, kampas rem dapat terus menipis karena adanya pergesekan secara terus menerus.


Jadi penting bagi kamu untuk mengetahui apa saja tanda kampas rem ini harus diganti. Berikut beberapa tanda kampas rem harus kamu ganti:


1. Rem Kurang Pakem


Pernah nggak sih kamu merasakan rem kurang pakem? Rasanya kamu udah mengerem dengan tenaga yang sama tapi kok remnya nggak kayak biasanya?


Jika kamu mengalami hal ini, ini adalah tanda kampas rem kamu perlu diganti. Kamu bisa coba cek keadaan kampas rem dan jika perlu bawa ke bengkel untuk diganti kampas remnya.


2. Tuas Rem Harus Diinjak Lebih Kuat


Tanda kedua adalah tuas rem harus diinjak lebih kuat. Ini merupakan lanjutan dari rem yang kurang pakem. Rasanya kamu sudah memberikan tenaga yang tepat saat menginjak rem, tetapi masih kurang.


Jika kamu merasakan ini, segera cek karena bisa jadi kampas rem kamu harus diganti.


3. Jarak Rem Makin Jauh


Tidak seperti kereta yang membutuhkan waktu untuk mengerem, kendaraan seperti motor bisa melakukan rem dadakan. Namun jika kamu merasakan jarak rem semakin jauh, ini bisa terjadi karena kampas rem motormu bermasalah.


Jangan abaikan permasalahan ini. Sebaiknya kamu segera membawa motormu ke bengkel untuk mengatasi permasalahan ini.


4. Adanya Bunyi Mendengung


Motor yang tidak bermasalah, ketika mengerem tidak ada bunyi apapun. Ini berbeda ketika motor memiliki masalah pengereman. Ketika dilakukan pengereman, ada bunyi mendengung saat dilakukan pengereman.


Tentunya ini akan membuat kegiatan berkendaramu menjadi tidak nyaman. Jika ini terus dibiarkan, bisa mengakibatkan rem blong dan membahayakan dirimu saat berkendara.


Baca Juga: Catat Waktu Haid dengan Mudah Bersama Kalender Haid Saya


Berapa Harga Kampas Rem?


harga kampas rem


Buat kamu yang sudah merasakan permasalahan kampas rem pada kendaraan bermotormu, mungkin kamu mulai memikirkan untuk mengganti kampas rem. Lalu, kamu akan bertanya berapa ya harga kampas rem?


Buat perempuan yang jarang bersinggungan dengan kendaraan bermotor, mendengar perbaikan bagian kendaraan sering bikin overthinking. Mahal nggak ya kalau mau ganti kampas rem? Berapa harga kampas rem?


Dibandingkan dengan risiko atas kerusakan kampas rem, harga kampas rem justru sangatlah terjangkau. Kamu bisa membeli kampas rem ini di harga mulai dari Rp39.000 hingga Rp67.000. Harga yang sangat terjangkau, bukan?


Kamu bisa membeli kampas rem dengan harga terjangkau ini hanya di Planet Ban. Kunjungi website Planet Ban di sini dan dapatkan harga terbaik untuk komponen kendaraan bermotormu.



Get notifications from this blog

9 comments

  1. Kampas rem emang penting banget sih. Jangan sampai mencelakai diri sendiri karena kampas rem yang bermasalah. Thank you informasinya, Des.

    ReplyDelete
  2. makasih Des, jadi diingatkan kampas remku lagi mau abis nih, kudu siap-siap dana buat ganti yang baru biar kalau berkendara tuh aman.

    ReplyDelete
  3. Untuk yang stay di bandung kaya aku mah wajib banget ganti kampas rem berkala...jalanannya mendaki gunung lewatin lembah sih. Biasanya juga selalu ganti di planet ban karena dekat rumah

    ReplyDelete
  4. Eh iya, penting banget ini kampas rem. Sering banget ada kasus jatoh dari motor krn rem blong. Jangan sampai terjadi deh

    ReplyDelete
  5. Bener banget nih penting buat cek kampas ban biar nggak membahayakan diri sendiri waktu berkendara.

    ReplyDelete
  6. Setahuku planet ban cuma buat ganti ban doang. Ternyata bisa servis dan ganti spare part juga ya.. Thanks infonya mba

    ReplyDelete